sakit kepala, badan lemas dan mual belum tentu disebabkan oleh...

Diposkan oleh Den Abi on Minggu, 03 April 2011

Sudah hampir 3 minggu badan ini sempat merasakan sakit kepala, badan lemas dan mual yang berkepanjangan, awalnya saya rasa hanya masuk angin biasa. sebagai solusi awal maka obat yang dijual bebas menjadi pilihan. sehari dua hari mengkonsumsi obat tidak ada perubahan, sifatnya hanya meredakan yang saya keluhkan namun tak bisa mengobati sakit yang saya rasakan. tak terasa sudah 3 minggu saya merasakan sakit kepala, lemas dan mual sehingga sangat mengganggu aktivitas saya. hingga akhirnya saya coba melakukan general check up disalah satu laborat dikota Semarang. Sesaat setelah mengadakan beberapa tes, dokter mengatakan saya tidak mengidap penyakit apapun. Kondisi tubuh saya dinyatakan sehat wal afiat! amien...........

Kalau begitu, rasa mual berkepanjangan, sakit kepala serta badan lemas yang saya rasakan selama ini disebabkan oleh apa? Tak lama kemudian dokter menjawab kebingungan saya. Menurutnya, sakit yang saya derita merupakan manifestasi dari emosi dan pikiran saya yang tidak stabil. Ok lah, jawaban dokter masuk akal jika dihubungkan dengan beban kerja saya  yang sangat tinggi belakangan ini. Tetapi saya jadi kurang paham ketika dokter mengatakan, "Mungkin  yang Anda rasakan itu ada kaitannya dengan kepribadian 'buruk' dan 'kurang menyenangkan" yang Anda miliki. Jika ingin sembuh, coba lekas benahi, agar 'penyakit' Anda tidak berkepanjangan. "Sakit yang diderita seseorang, memang ada kaitannya dengan kondisi emosi yang tidak stabil, pikiran negatif serta kepribadian 'buruk' diri kita. Nah, jika Anda merasa punya sikap yang masuk kategori buruk, cobalah mulai diubah. Pribadi yang menyenangkan akan menjadikan tubuh Anda senantiasa fit dan sehat. Ingin tahu, bagaimana pribadi yang tidak sehat itu ?


1. Si Pembosan 'Berat'
Beberapa penelitian menunjukkan, adanya keterkaitan antara rasa bosan dan sakit kepala yang diderita seseorang. Coba tanyakan pada diri Anda, apakah hari-hari Anda selama ini terasa monoton dan Anda hanya melakukan aktifitas yang itu-itu saja setiap hari? Jika ya, ada kemungkinan Anda akan mudah terserang penyakit Arthritis, asma, atau penyakit jantung. Alasannya adalah rasa bosan pada diri Anda dapat melahirkan emosi negatif pada tubuh, sehingga dengan mudah meningkatkan stres dan memperlemah sistim kekebalan tubuh sehingga Anda akan dengan mudah diserang berbagai penyakit. Tak hanya itu, kebosanan juga dapat mempengaruhi kebiasaan makan Anda. Apakah masih teringat bagaimana Anda menghabiskan begitu banyak cemilan sambil menunggu waktu berputar?

2. Rasa Cemas dan Panik yang Berlebihan
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Douglas Drossman, seorang dosen kedokteran dari University of North Carolina, ditemukan bahwa wanita yang memiliki rasa cemas yang berlebihan pada hal-hal kecil sekalipun akan dengan mudah terserang gangguan pada lambungnya. Ujung-ujungnya, penyakit maag akan rutin mengunjungi Anda!

3. Anda Tidak Sabaran dan Emosional
Apakah irama hidup Anda yang selalu terburu-buru? Apakah Anda selalu gusar berkepanjangan setiap kali Anda terjebak dalam kemacetan? Dan bagaimana tidak kuasanya Anda menahan kemarahan saat 'diharuskan' masuk dalam daftar antrian yang panjang? Jika jawaban untuk semua pertanyaan di atas selalu adalah Ya, percayalah lama kelamaan kondisi ini akan membuat Anda frustasi. Ketidaksabaran merupakan ancaman tersembunyi bagi kesehatan, karena sifat ini dapat mengaktifkan system kardiovaskuler secara terus menerus. Selanjutnya tekanan darah Anda akan cepat naik, kecepatan pernapasan akan meninggi dan otot menjadi tegang.

4. Tidak Percaya Pada Diri Sendiri dan Rendah Diri
Biasanya orang yang memiliki sikap mental yang seperti ini sering terlibat pada hubungan yang buruk. Baik itu dalam lingkungan pergaulannya maupun dalam keluarganya. Perasaan rendah diri menyebabkan proses penyembuhan untuk setiap penyakit pada dirinya akan terhambat, meskipun Anda hanya sekedar menderita sakit flu ringan, wah ! Jadi, sekarang terserah pada diri Anda. Ingin jadi pribadi yang gembira dan menyenangkan sekaligus sehat. Atau justru sebaliknya? operasi lainnya.

Bagaimana? apakah dari empat kriteria diatas sedang anda alami? kalo YA, maka bersegeralah berubah untuk kebaikan Anda.





{ 5 komentar... read them below or add one }

thedexwan mengatakan...

wah bener juga nih.. akhir akhir ini ane lagi emosian, bosan de el el efeknya ya sakit kepala dan mual mual :D

saracensa mengatakan...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)
twitter : @profiluii :)

Djerry Ferlix mengatakan...

Akhirnya aku tau , thnks den abi .. :)

udin dede mengatakan...

terima kasih atas sarannya

safitri hidayati mengatakan...

terimakasih,,,,

Poskan Komentar

posting Posts Plugin for WordPress, Blogger...