Tips Memilih Nama Domain

Diposkan oleh Edwin Patrisce Papilaya on Jumat, 15 April 2011

Meskipun tampaknya sederhana, tips memilih nama domain dapat menimbulkan masalah tersendiri buat para blogger. Apalagi jika nama yang dipilih terlalu sulit untuk diingat calon pengunjung situs anda. eits, jangan pusing dulu. sebelum melanjutkan ada baiknya menyiapkan segelas kopi panas dan rokok djarum. hihihi.......ok lanjut...!!!
Berikut ini ada 4 kategori utama yang dapat dipertimbangkan sebagai panduan tips memilih nama domain yang baik :

  1. Pendek
Sebuah nama domain yang baik harus pendek, semakin pendek semakin baik. Artinya bisa diucapkan dalam satu tarikan nafas. Namun, nama juga bisa merupakan investasi berharga, sebab nama domain dapat juga berarti identitas anda atau perusahaan anda. Nama yang pendek lebih baik, mengingat dua alasan, dapat diucapkan tanpa kesalahan dan mudah diingat.

  1. Mudah diingat
Tidak semua yang pendek gampang diingat. Misalnya nama domain bppw.com yang merupakan singkatan dari batik pekalongan putra wingga, sangat sulit untuk mengingatnya. Memang nama bppw.com pendek, tapi tidak semua orang mampu mengingatnya.
Bila anda putra wingga, gunakanlah nama tersebut sebagai nama domain anda, daripada bppw, sebaiknya gunakan putrawingga.wordpress.com agar lebih mudah diingat dan tetap mengandung arti. hihihihihi.... sekalian promosi.

  1. Berhubungan dengan Bisnis Utama Anda atau nama Bisnis
Nama domain yang baik adalah nama yang bisa ditebak. nama yg baik adalah nama berhubungan dengan nama bisnis dan jenis bisnis. misalnya, Ketika ingin mengetahui alamat situs batik pekalongan putra wingga, masukkan saja kata kuncinya disearch engine, kalo blognya sudah terindeks pasti nampak disearch engine.

  1. Sulit untuk Salah Dieja
Kriteria yang keempat ini adalah sulit bagi orang untuk salah mengejanya. Anda akan terkejut mengetahui begitu banyaknya nama domain yang sangat sulit dieja hanya dengan mendengarnya secara oral.
Anggaplah kebanyakan orang adalah pengeja yang buruk. Sebagian yang lain adalah pengetik yang buruk. Maka sangat dianjurkan anda memilih domain yang pendek, mudah diingat logis dan mudah dieja.
Sebagai contoh : rosevilleelectric.com. nama ini sesuai dengan kriteria 3, karena memang menggambarkan perusahaan elektronik di roseville, california. Tapi huruf “e” dobel di tengah nama, akan membuat bingung banyak orang. Tapi, bagaimana yang telah kehilangan akal karena beberapa nama bagus telah dimiliki orang lain diperlukan kiat – kiat kreatif tersendiri diantaranya mengkombinasikan kata dengan akhiran – akhiran sehingga menjadi sebuah rangkaian yang tidak kalah bagus.


{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

posting Posts Plugin for WordPress, Blogger...